List News

Khitan merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk menhilangkan kulit yang menutupi kepala penis atau kulit kulup. Pada metode konvensional tindakan ini diikuti dengan proses penjahitan luka. Prosedur ini tidak membutuhkan rawat inap, pasien umumnya bisa langsung pulang di hari yang sama.

Paska tindakan sirkumsisi, penis mungkin mengalami pembengkakan dan memar selama 2 hari pertama. Agar tidak begitu menyakitkan, dokter dapat memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen atau acetaminophen.
Pada tindakan sirkumsisi konvensional penggunaan dressing umumnya digunakan melingkar diarea penis tanpa menutup saluran kencing. Dressing akan dilepas, setelah diaplikasikan beberapa hari tergantung dari arahan dokter atau praktisi sirkumsisi.

Untuk lebih memberikan kenyamanan, dokter dapat menganjurkan penggunaan celana sunat yang memang didesain secara khusus. Celana ini berfunsi melindungi penis yang baru saja di khitan dari benturan, atau gesekan. Sehingga mampu meminimalkan risiko perdarahan paska sirkumsisi. Celana sunat yang baik terbuat dari bahan hypoalergenik, nyaman dan dapat menyerap keringat secara baik. Akan lebih baik jika posisi penis dalam celana bisa tegak lurus. Karena posisi ini dapat membantu menurunkan pembengkakan yang terjadi. Pembengkakan akan hilang secara menyeluruh setelah 2 – 3 minggu. Saat sirkumsisi dilakukan pada pria dewasa, selama periode ini sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Meski demikian proses pemulihan paska sirkumsisi berbeda dari satu orang dengan orang lainnya.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dokter anjurkan pada pasien paska tindakan sirkumsisi menggunakan teknik konvensional di rumah.
1. Beristirahat. Tidur yang cukup akan membantu proses pemulihan paska khitan
2. Lakukan aktivitas fisik seperti dengan berjalan kaki. Mulailah dengan langkah kecil terlebih dahulu jika terdapat nyeri. Tingkatkan intensitas berjalan kaki pada hasri selanjutnya.
3. Hindari aktivitas berat paska tindakan sirkumsisi konvensional, seperti bersepeda, angkat benda berat, aerobic selama kurang lebih 2 – 3 minggu.
4. Saat mandi usahakan dressing pada penis tidak basah. Misalnya dengan mengenakan celana plastic.

Diet

Tidak ada diet khusus paska tindakan sirkumsisi dilakukan. Makanlah seperti biasa yang sehat, dan cukup dengan porsi seimbang. Pada kondisi tertentu misalnya perut tidak nyaman pasien sunat bisa disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak seperti nasi putih, ayam panggang, roti panggang dan yogurt. Dengan memperbanyak konsumsi air putih.

 

Tags:

Share: