List News

Teknologi sirkumsisi terus mengalami perkembangan, teknologi suntikan tanpa jarum (comfort-in) dan penggunaan disposable clamp menjadi salah satu metode sirkumsisi yang banyak digemari pasien dan juga tenaga medis di Indonesia.

Terkait teknologi disposable clamp yang ada di pasar Indonesia, mulai dari smartklamp, alisklamp hingga terkahir mahdian klem yang merupakan produk anak bangsa buah karya dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS. Belum lama ini di Malaysia hadir teknologi desain klem baru yang sangat berbeda dari desain sebelumnya yaitu RapideclampTM.

Satu hal yang banyak menyita perhatian adalah klem ini secara otomatis bisa melepaskan tabungnya sendiri dalam waktu 24 hingga 48 jam “automatically droop off”. Meski demikian, nyatanya lepasnya tabung klem tidak serta merta secara otomatis, dokter harus membuka bagian pengunci klem terlebih dahulu menggunakan tang klem layaknya membuka bagian pengunci mahdian klem. Dengan tetap meninggalkan bagian utama dari RapideclampTM selama kurang lebih 1-2 hari. Dalam waktu kurang lebih 24-48 jam tersebut, tabung klem yang menempel pada kulit prepusium anak akan lepas dengan sendirinya.

Sama halnya dengan mahdian klem generasi ke-2, rapideclamp juga terbuat dari bahan polycarbonate transparan. Karena bentuknya yang lebih simple, tidak menutup kemungkinan klem ini lebih ringan dari beberapa merk klem yang sudah ada di pasaran Indonesia.

Pemasangan klem digadang-gadang juga lebih mudah di bandingkan jenis klem lainnya “kurang dari 3 menit”. Hanya saja ini sangat bergantung pada pengalaman dokter dalam penggunaannya. Proses pemasangan klem mirip dengan proses pemasangan klem pada umumnya. Menggunakan bantuan 2 buah forcep dan baby oil dapat memudahkan pemasangan body klem pada penis anak. Yang berbeda dari klem ini, pasca pemasangan penggunci klem dilakukan, bagian depan dari main body yang bernama “funnel cover” selanjutnya di patahkan untuk membuka jalan kencing.

Paska tindakan sirkumsisi, anak tidak dianjurkan melakukan aktivitas terlalu berat, hingga kurang lebih 3-5 hari. Bagian dalam dari bodi klem secara rutin harus di keringkan setelah buang air kecil, mandi, atau berkeringat.

Tags:

Share: