List News

Radiofrekuensi Ablasi (RFA) merupakan tindakan medis yang bertujuan memotong sinyal nyeri yang timbul dari saraf-saraf sensorik seperti sendi facet. Arus listrik yang dihasilkan oleh gelombang RFA digunakan untuk memanaskan area kecil dari jaringan saraf, sehingga menghasilkan penurunan sinyal rasa nyeri pada daerah tertentu.

Data klinis menunjukkan bahwa RFA secara efektif mampu menghilangkan nyeri selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Radiofrekuensi neurotomy hanya dilakukan ketika sendi facet telah diidentifikasi sebagai sumber rasa sakit. Sendi facet terletak di sisi tulang belakang Anda, tidak jauh dari sumsum tulang belakang. Medial Branch Nerve adalah saraf sensoris yang melengkapi sendi Facet. Facet joint syndrome terjadi ketika satu atau lebih sendi facet mengalami peradangan atau teriritasi.

SEBERAPA JAUH BIASANYA PROSEDUR DIBUTUHKAN?

Medial branch RFA dilakukan pada pasien rawat jalan. Prosedur ini biasanya membutuhkan 30-45 menit, termasuk waktu persiapan dan tergantung pada seberapa banyak level yang dilakukan. Ini diikuti dengan 30 menit waktu pemulihan untuk observasi.

BERAPA LAMA BIASANYA PENGARUH TERAPI INI BERTAHAN?

Radiofrekuensi neurotomi atau denervasi biasanya efektif untuk menghilangkan nyeri untuk beberapa bulan hingga tahun. Prosedur ini dapat diulang setelah 6 bulan atau 1 tahun, jika perlu. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan manfaat terapi radiofrekuensi ablasi.

APA YANG DIHARAPKAN SETELAH TERAPI?

Radio Frekuensi Ablasi secara efektif meredakan nyeri selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan ringan di punggung atau leher (tergantung di mana prosedur dilakukan). Ketidaknyamanan ini bisa berlangsung hingga dua atau tiga hari. Jika hal ini terjadi, aplikasikan dengan kompres dingin menggunakan es pada lokasi tindakan radiofekuensi pada hari yang sama, dan jika ketidaknayanan masih tetap muncul, lakukan kompres panas pada hari berikutnya hingga gejalanya hilang. 

 

Sumber: https://www.abovepain.com/treatments/radiofrequency-ablation-/-rfa.html

Tags:

Share: