List News

Sunat merupakan tindakan bedah dengan membuang kulit kulup yang menutupi ujung penis (preputium / foreskin). Tindakan ini dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir, asal bayi tersebut dalam keadaan sehat dan stabil.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), banyak manfaat sunat pada bayi jika dilihat dari sisi medis; yakni menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit kulup, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, phimosis, hingga kanker di area penis.

Berbeda dengan sunat ketika anak sudah cukup besar, bayi belum bisa memberi tahu keluhan apa yang ia rasa. Bayi juga belum bisa menjaga area penis tetap higienis setelah sunat. Karena itu, penting bagi orangtua untuk memerhatikan panduan merawat bayi setelah sunat, antara lain:

  1. Jaga area penis dan selangkangan tetap bersih. Setiap popok diganti, bersihkan area tersebut dari kotoran. Anda dapat membersihkanya dengan sabun dan air hangat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan area tersebut sampai tuntas.
  2. Setelah sunat, penis bayi Anda akan dibalut dan biasanya balutan tersebut akan lepas ketika ia pipis. Oleskan salep antibiotik setiap popok bayi diganti. Ini bertujuan untuk mengurangi gesekan antara penis bayi Anda dengan popok yang ia pakai.
  3. Gunakan popok dobel, ini dapat mengurangi nyeri yang dirasakan bayi. Karena dapat menjadi “bantalan” bagi penis bayi dan mengurangi tekanan pada daerah tersebut setiap ia bergerak.
  4. Anda tetap boleh memandikan bayi yang baru disunat. Mandi dengan menggunakan spons mandi atau lap air hangat lebih dianjurkan.
  5. Pada 24 jam pertama setelah sunat, Anda dapat memberikan obat pereda nyeri berupa acetaminophen. Perhatikan dosis dan petunjuk pemakaian yang disarankan oleh dokter.

Untuk memudahkan para orang tua merawat bayi paska sunat serta menghemat pengeluaran mereka, PT. Visi Sejahtera Medika menciptakan sebuah produk berupa Kit Perawatan Paska Khitan (KPPK).

Pada satu tas Kit Perawatan Paska Khitan berisi kassa steril, cotton bud, medicine box, hand sanitizer, irrigation syringe, masker, antiseptic washlap, larutan NaCl, povidone iodine, serta buku petunjuk penggunaan.

PT. Visi Sejahtera Medika sebagai distributor alat-alat sirkumsisi beserta alat penunjang sirkumsisi, siap melayani Anda untuk penjualan dan kebutuhan informasi yang diperlukan. Anda bisa langsung menghubungi ke 0859-4582-5959 (Pak Untung).

Tags:

Share: